Selasa, 15 Desember 2015

komunitas virtual dan media sosial (Sosial Cyberspace Dan Jaringan sosial)

SOSIAL CYBERSPACE
Cyberspace (dunia maya) adalah media elektronik dalam jaringan komputer yang banyak dipakai untuk keperluan komunikasi satu arah maupun timbal-balik secara online (terhubung langsung). Dunia maya ini merupakan integrasi dari berbagai peralatan teknologi komunikasi dan jaringan komputer (sensor, tranduser, koneksi, transmisi, prosesor, signal, kontroler) yang dapat menghubungkan peralatan komunikasi (komputer, telepon genggam, instrumentasielektronik, dan lain-lain) yang tersebar di seluruh penjuru dunia secara interaktif.

Realitas-realitas sosial budaya yang ada di dunia nyata kini mendapatkan tandingan-tandingannya.Pada akhirnya, batas antara keduanya menjadi kian kabur.Cyberspace yang terbentuk oleh jaringan komputer dan informasi yang terhubungkan secara global telah menawarkan bentuk-bentuk komunitasnya sendiri (virtual community), bentuk realitasnya (virtual reality), dan bentuk “ruang” nya sendiri (cyeberspace).
Cyberspace berasal dari bahasa Yunani, asal katanya adalah kubernan yang berarti ruang maya tanpa batas, imajinatif dan dapat dihayati melalui perwujudan virtual.Cyberspace merupakan ruang yang diwujudkan melalui (jaringan) computer, sifatnya digital dan direpresentasikan dalam satuan bit.
Perkembangan cyberspace telah mempengaruhi kehidupan sosial pada berbagai tingkatannya.Keberadaan cyberspace tidak saja telah menciptakan perubahan sosial yang sangat mendasar. Pengaruh cyberspace terhadap kehidupan sosial setidaknya tampak pada tiga tingkat : individu, antarindividu, dan komunitas.
Pada tingkat individu, cyberspace menciptakan perubahan mendasar dalam pemahaman kita tentang diri dan identitas.Struktur cyberspace membuka ruang yang lebar bagi setiap orang untuk secara artifisial menciptakan konsep tentang diri dan identitas. Kekacauan identitas akan mempengaruhi persepsi, pikiran, personalitas, dan gaya hidup setiap orang. Bila setiap orang bisa menjadi siapapun, sama artinya semua orang bisa menjadi beberapa orang yang berbeda pada saat yang sama. Pada akhirnya yang ada dalam cyberspace adalah permainan identitas: identitas baru, identitas palsu, identitas ganda, identitas jamak.
Tingkat interaksi antarindividu, hakikat cyberspace sebagai sebagai dunia yang terbentuk oleh jaringan (web) dan hubungan (connection) bukan oleh materi.Kesalingterhubungan dan kesalingbergantungan secara virtual merupakan ciri dari cyberspace.Karena hubungan, relasi, dan interaksi sosial di dalam cyberspace bukanlah antarfisik dalam sebuah wilayah atau teritorial, yaitu interaksi sosial yang tidak dilakukan dalam sebuah teritorial yang nyata.
JARINGAN SOSIAL
Jaringan sosial adalah sebuah struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik.Jaringan sosial bisa diartikan sebagai sarana pemersatu antara individu satu dengan individu yang lain sehingga menjadi sebuah sosial yang saling berkaitan (berinteraksi) satu sama lain.

Gambar diatas  menjelaskan tentang kemampuan jaringan sosial dalam kehiudupan manusia. Bisa dilihat dengan jelas oleh kita semua bahwa jaringan sosial mampu membuat manusia saling berhubungan walaupun jarak jauh dan menghasilkan sebuah sosial sehingga manusia dapat mengenal satu sama lain. 
1 Macam-mcam situs jaringan sosial di internet

Facebook
Facebook adalah sebuah situs jaringan sosial yang dipakai manusia untuk berinteraksi dengan manusia lain dengan jarak jauh. Facebook merupakan salah satu layanan jaringan sosial yang sangat popular di kehidupan masyarakat di dunia saat ini.Jaringan sosial ini mampu membuat orang berinteraksi atau berkomunikasi kepada orang lain walaupun jaraknya jauh. Facebook dibuat untuk mempermudah kehidupan manusia khususnya untuk berkomunikasi dengan orang lain lewat dunia yang tidak nyata (maya).
Saat ini, perkembangan Facebook sangat pesat.Jaringan sosial ini sangat populer karena penggunaannya yang terhitung mudah dan sangat efisien.Alhasil, banyak orang yang menggunakan jaringan sosial ini.Facebook digunakan hampir semua orang di muka bumi ini.Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua pun menggunakan jejarin`g sosial ini.Selain itu, Facebook dapat digunakan untuk ajang kampanya partai politik untuk promosi.
Facebook sampai saat ini masih menjadi situs jaringan sosial yang masih difaforitkan masyarakat.Dalam jaringan sosial ini bisa ditemukan berbagai macam manfaat yang dapat dimanfaatkan oleh manusia. Anda dapat mengakses jaringan sosial ini dengan mudah cukup masuk saja ke website www.facebook.com .Facebook saat ini tidak hanya bisa dinikmati melalui computer atau laptop.Namun Facebook sekarang sudah bisa dinikmati dengan menggunakan telepon genggam.Jadi penggunaannya untuk saat ini bisa dibilang sangat efisian dan dapat dimanfaatkan dimana saja dan kapan saja.Cukup dengan menggunakan telepon genggam yang mempunyai sambungan internet, Facebook dapat dinikmati masyarakat.

Twitter
Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter,inc dan merupakan salah satu layanan jaringan sosial dan microblog daring yang memungkinkan para penggunanya untuk mengirim,menerima dan membaca pesan berbasis teks yang jumlah karakternya mencapai 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter adalah salah satu jaringan sosial yang banyak diminati oleh penduduk dunia. Sebagian besar penduduk dunia menganggap bahwa twitter adalah salah satu jaringan sosial yang mudah digunakan dan efisien. Maka dari itu, pengguna Twitter dari tahun ke tahun selalu meningkat drastis.
Twitter berisi informasi yang akan Anda anggap berharga. Pesan dari pengguna yang Anda pilih untuk Anda ikuti akan muncul di beranda Anda untuk Anda baca. Saat ini, isu-isu hangat yang biasa dibicarakan di media masa semua berawal dari twitter.Orang-orang beramai-ramai membahas isu tersebut senhingga menjadi sebuah trending topic.

Instagram
Instagram merupakan salah satu jaringan sosial populer saat ini.Instagram adalah suatu jaringan sosial yang di dalamnya fokus kepada berbagi foto penggunanya.Nama instagram terdiri dari dua kata yaitu "insta" dan "gram".Insta berasal dari kata instan, yang dapat diartikan dengan kemudahan dalam mengambil dan melihat foto. Gram berasal dari kata telegram, yang dapat diartikan dengan mengirimkan sesuatu(foto) kepada orang lain.
Instagram saat ini sangat dininati oleh pengguna smartphone karena mereka bisa saling berbagi foto satu sama lain. Disamping itu, setiap penggunanya dapat saling berkomentar foto yang sudah di bagikan.Jadi, Instagram dapat mengubungkan orang-orang yang belum dikenal.Jaringan sosial ini sangat populer terutama di kalangan para remaja zaman sekarang.Bagi mereka Instagram merupakan sebuah aplikasi yang wajib dimiliki bagi para pengguna smartphone.
Untuk menggunakan jaringan sosial ini, Anda perlu mengunduhnya terlebih dahulu. Setelah Anda mengunduh, hal utama yang perlu Anda lakukan yaitu membuat akun baru dengan cara mendaftarkan diri Anda dengan e-mail yang Anda punya.
Pengguna jaringan sosial ini biasanya menggunakan android.Hal ini dikarenakan, Instagram sendiri hanya bisa diinstal untuk unit yang operasi sistemnya (OS) android.Jadi, bagi para pengguna baru tidak bisa menggunakan aplikasi ini dengan mudah.Hal ini, mengakibatkan tersendatnya perkembangan Instagram terutama penggunanya.

Google +
Google+ adalah layanan jejaring sosial yang paling anyar dari Google.Setelah gagal dengan jejaring sosial atau layanan yang dulu pernah dirilis seperti Orkut, Google Wave dan Google Buzz akhirnya Google mampu berbangga hati. Layanan terbaru dari Google ini meskipun masih versi beta, namun sudah banyak teman-teman saya yang tak sabar ingin menjajal fiturapa saja yang ada di dalamnya.
Google + (Plus.red) ternyata sudah mampu menyedot perhatian banyak orang dan termasuk saya. Menurut para pakar IT, Google + merupakan pesaing kuat bagi Facebook, bahkan Google sendiri sepertinya merasa bahwa Google + tidak lama lagi akan menggulingkan Facebook.
download

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Sonny | Design : Gol D Sony | Images: Moutonzare